Ciblek Kalung si petarung ulung bisa di tangkar???

Ciblek adalah sejenis burung pengicau dari suku Cisticolidae (pada banyak buku masih dimasukkan ke dalam suku Sylviidae). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai bar-winged Prinia, merujuk pada dua garis putih pada setiap sayapnya. Nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield, 1821.(source;Wikipedia.Com)

Burung yang ramai dan lincah, yang sering ditemui di tempat terbuka atau daerah bersemak di taman, pekarangan, tepi sawah, hutan sekunder, hingga ke hutan bakau. Juga kerap teramati di perkebunan teh. Dua atau tiga ekor, atau lebih, kerap terlihat berkejaran sementara mencari makanan di antara semak-semak, sambil berbunyi-bunyi keras cwuit-cwuit-cwuit.. ciblek-ciblek-ciblek-ciblek.. ! Ekor yang tipis digerakkan ke atas saat berkicau.

Mencari mangsanya yang berupa aneka serangga dan ulat, perenjak jawa berburu mulai dari permukaan tanah hingga tajuk pepohonan. Burung ini membuat sarangnya di rerumputan atau semak-semak hingga ketinggian sekitar 1,5 m di atas tanah. Sarang berbentuk bola kecil dianyam dari rerumputan dan serat tumbuhan.

Untuk pembahasan kali ini,saya mau membahas mitos bahwa Ciblek jenis kalung apa seekor petarung ulung??

sebelum kita bahas lebih jauh,mari sahabat KM (kicau mania) tengok ciri-ciri dari Ciblek jenis kalung ini:

Coba perhatikan sahabat semua,apabila kita amati dengan jelas,pada bagian dada pada ciblek tersebut tanda abu-abu yang biasa kita sebut kalung. Maka dari itu,banyak orang yang menyebut ciblek ini ciblek kalung.

Adapun perbedaan jantan-betina:

Jantan:

-kepala condong bulat agak besar/istilah jawa Njambe

kaki panjang proposional/cengkraman kuat ciri fighter bagus

-paruh tebal hitam,rongga mulut juga hitam

-mata cerah bulat dan belotot

-ekor agak panjang dan rapat

Betina:

-kepala bulat kecil

-paruh tipis

-kaki cenderung pendek2

-pelipis mata ada tanda putih semacam alis

Dibandingkan dengan jenis lainnya,(ciblek pari/tebu,ciblek putih) menurut banyak pakar menyatakan bahwa jenis ini memang banyak di koleksi beberapa kicau mania. Karena banyak yang meyakini sekaligus mengamini kalau jenis ini memang memiliki sifat tempur yang luar biasa di tunjang roll lagu dan tembakan yang dahsyat, maka dari itu harga di pasaran agak mahal,mengingat juga dihabitat juga jarang dan stok dipasar juga menipis. Maka dari itu, ada kicau mania yang peduli dengan pelestarian burung ini,di daerah Cikarang tepatnya ada kicau mania yang berhasil mengembangbiakkan ciblek ini,info lengkap klik disini.

Terus terang saya salut dengan pak Iwan,beliau bisa menangkar burung berkarakter liar seperti ciblek ini. Padahal kalau kita pikir-pikir burung sekecil ini masa’ ya bisa di tangkar.Tapi believe or Not,beliau bisa menjawab semua persepsi itu..:))

Buat sahabat KM,nih ada video  kedahsyatan tentang Ciblek Kalung…..enjoy it..

Iklan

22 thoughts on “Ciblek Kalung si petarung ulung bisa di tangkar???

    • cb di kroto+mandi jemur rutin masbro..nanti pd saat birahinya sudah meningkat,pasti burungnya akan gacor scara alamiah..dan kalo bisa,gk usah pake doping..
      intinya kontinyuitas perawatan masbro,dan yg utama SABAR…hehe

      -CMIIW-

      • om…mohon maaf nih…ane mau tanya aja ane punya ciblek…udah ngalung…tapi ko lom gacor juga ya kalo ane mandiin tuh ciblek baru bunyi….cet..cet..cet…tapi kalo udah selesai di jemur tuh ciblek gk mau gacor juga padahal ane udah pake cara apa ja…masalah makan ane udah coba semuanya..yg namanya krota 2 minggu sekali jangkrik, UH…tapi ko lom gacorya…tolong bantuannya om….

  1. mau tanya nih Om.,burung ciblek apa bisa d master pakai suara burung lain n tata cara/tipsny gmn n butuh brapa lama waktu pemasterannya?thnx….

    • Biasanya kalo ada pembanding lebih mudah om,artinya kalo ada ciblek lebih dari 3ekor cb liat dari postur,sama kepala..biasanya kalo jantan kepala lebih besar,dan alis dimata keliatan tipis..

      CMIIW..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s